Ming. Okt 20th, 2019

TNI AL Bersama MPC PP Tanam Pohon Mangrove


KabarHaBe.com – Dalam rangka HUT ke-74 TNI tahun 2019 bekerjasama dengan MPC Pemuda Pancasila Kabupaten Bekasi menggelar akan karya bakti penanaman pohon mangrove secara serempak di wilayah Pantai Bhakti Muara Gembong, Senin (7/9/2019).

Ketua MPC PP Kabupaten Bekasi H Apuk Idris menerangkan hutan bakau (mangrove) merupakan komunitas vegetasi pantai tropis yang didominasi beberapa jenis pohon mangrove yang mampu tumbuh dan berkembang di daerah pasang surut pantai berlumpur seperti pantai di Muara Gembong Kabupaten Bekasi.

Masih menurut H Apuk Idris selain peran ekologis, mangrove juga memiliki peran ekonomis dan sosial yang sangat penting dalam mendukung pembangunan wilayah pesisir.

Oleh karenanya kegiatan rehabilitasi menjadi sangat prioritas mengingat kawasan tersebut merupakan sebuah ekosistem yang terpadu dan saling berkolerasi secara timbal balik, dimana masing-masing elemen dalam ekosistem memiliki peran dan fungsi yang saling mendukung sehingga apabila terjadi kerusakan pada salah satu komponen ekosistemnya maka secara langsung akan berpengaruh terhadap keseimbangan ekosistem secara keseluruhan.

Pantai Bhakti yang ada di Muara Gembong yang memiliki pesisir pantai yang cukup luas, apabila mampu mengelola mangrove secara baik maka kawasan tersebut berpotensi untuk dikembangkan menjadi obyek wisata (ekoturisme) sekaligus juga menjadikannya sebagai safety green belt (sabuk hijau pengaman).

Dalam kegiatan karya bakti penanaman pohon mangrove nanti melibatkan dari Kolinlamil, Korem Wijaya Kusuma 0507, Kodim 0507, Polres Kabupaten Bekasi, Pemerintah Daerah dan instansi terlait, Syahbandar Tanjung Priok, KPLP Tanjung Priok, Bea Cukai Tanjung Priok, PT Pelindo, Indonesia Power dan mahasiswa serta pelajar SMK, SMAN dan pelajar SMP. serta masyarakat dari warga sekitar lokasi penanaman. (ewd)

29 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *