Stiker Foto Bupati Akan Jadi Bom Waktu

Bekasi. KabarHaBe.com- Misteri pengadaan stiker foto Bupati Eka Supria Atmaja yang ditempel pada kemasan bansos Pemda Kabupaten Bekasi akan jadi bom waktu. Pasalnya pengadaan stiker yang dilakukan dinas sosial menjadi misteri yang sampai saat ini belum ada penjelasan atau klarifikasi Bupati maupun pihak Dinas Sosial Kabupaten Bekasi.

Dinas Sosial selaku leading sektor pendistribusian bantuan sosial sebanyak 152 ribu paket sempat ada penempelan stiker foto bupati oleh pihak Dinsos. Yang pada akhirnya penempelan stiker tersebut dihentikan karena banyak sorotan dari elemen masyarakat yang menilai telah mencederai hati masyarakat Kabupaten Bekasi juga telah melanggar etika, disaat mewabahnya pademi covid-19.

Menurut Usman Ketua Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Lembaga Kajian Kebijakan Daerah ( LK2D). Bupati tidak pernah memerintahkan kepala dinas untuk membuat stiker foto bupati, ini bisa jadi ide munculnya stiker foto bupati berangkat dari ide dinas sosial. Sehingga banyak publik yang memepertanyakan tentang penempelan stiker poto bupati di kardus sembako dan karung. Pihak Dinas Sosial Kabupaten Bekasi harus bertanggung jawab terhadap munculnya stiker foto bupati. Seharusnya stiker logo Pemerintah Daerah Kabupaten Bekasi, tegasnya.

“Bupati tidak pernah menyuruh atau memperintahkan kepala dinas untuk menbuat stiker atas nama bupati, akan tetapi ide itu muncul dari dinas sosial”kata Usman.

Usman meminta pihak Dinas Sosial harus mengklarifikasi serta bertanggung jawab atas penempelan stiker foto bupati karena pengadaan stiker foto bupati atas inisiatif Dinas Sosial bukan atas perintah bupati. Ditambah lagi kalau dalam pengadaan stiker foto bupati tidak ada aturannya maka bupati melalui dinas sosial telah melanggar, ujarnya.

Sementara Kepala Kejaksaan Negeri (Kejari) Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Raden Rara Mahayu Dian Suryandaru mengatakan beberapa waktu lalu pada wartawan bahwa pada prinsipnya penyampain bantuan itu musti tepat guna dan tepat sasaran yang harus dikedepankan. Hal itu, menanggapi awak media yang tengah menyoroti kemasan bantuan sosial (bansos) berstiker foto Bupati Bekasi, Eka Supria Atmaja.

“Dalam situasi seperti sekarang ini, memang semua orang mempunyai sense of crisis yang cukup tinggi. Artinya, harus punya kepekaan yang tinggi untuk bisa menjaga perasaan publik,” paparnya

Meski tak sependapat, namun Ayu, tidak menyalahkan sikap Pemkab Bekasi melalui Dinas Sosial yang mengurusi bantuan sosial bagi warga terdampak kebijakan Pembantasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dalam upaya memutus mata rantai penyebaran virus Corona atau Covid-19, ujarnya.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Bekasi ketika dimintai tanggapannya terkait pengadaan stiker foto bupati, pihaknya hanya menjelaskan bahwa penempelan stiker foto bupati sudah dihentikan dan sudah diganti dengan stiker berwarna putih seperti potocopyan bergambar logo Pemerintah Daerah Kabupaten Bekasi.

Menurut Abdillah penempelan stiker foto bupati pada dus kemasan bansos hanya 5000 stiker selebihnya stiker tersebut sudah tidak dipakai lagi. Namun ketika ditanya siapa yang melakukan pengadakan stiker tersebut pihaknya enggan menjelaskan. Hanya menjawab silahkan tanyakan langsung ke Bupati, pintanya.

Pihaknya, bersama relawan terus bekarja secara maksimal agar pendistribusian bantuan sosial sebanyak 152 ribu paket yang diberikan Pemkab Bekasi untuk masyarakat dapat berjalan secara maksimal dan tepat sasaran, penerima bantuan sesuai yang diusulkan pihak Desa, ujarnya.

Kata Abdillah, pendistribusian bansos yang sudah disalurkan saat ini sudah 20 Kecamatan hampir 90 ribuan lebih paket sembako yang sudah diterima masyarakat. Jenis paket bantuan yang diberikan Pemkab Bekasi terhadap masyarakat berupa Beraskita 5 Kg, Kecap Manis Cap Topi 2 botol, Minyak Goreng Kita 1 litter, Gula Manis Kita 1 Kg, Mie Instan Sedap 20 pcs, Sarden Billtan 3 kaleng. Total harga Rp. 197.500 per paket. ( ewd)

296 Views

AsepKabarHaBe

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

KIRAB: Bansos Kabupaten Bekasi Dinilai Amburadul

Sab Mei 9 , 2020
Bekasi. KabarHaBe.com- Misteri pengadaan stiker foto Bupati Eka Supria Atmaja yang ditempel pada kemasan bansos Pemda Kabupaten Bekasi akan jadi bom waktu. Pasalnya pengadaan stiker yang dilakukan dinas sosial menjadi misteri yang sampai saat ini belum ada penjelasan atau klarifikasi Bupati maupun pihak Dinas Sosial Kabupaten Bekasi. Dinas Sosial selaku […]