Pemkab Bekasi Gelar Bimtek Sinkronisasi Perencanaan Pembangunan Daerah

KabarHaBe.com – Sebagai upaya Pemerintah Kabupaten Bekasi dalam menjalin satu kesepahaman terkait peraturan Kemendagri No 90 Tahun 2019 yang harus diimplementasikan di wilayah Kabupaten Bekasi, menggelar Bimbingan Teknis yang diikuti peserta dari pejabat daerah di lingkungan Pemda Kabupaten Bekasi.

Kegiatan yang dibuka secara langsung Sekretaris Daerah Kabupaten Bekasi Uju, akan dilaksanakan selama tiga hari mulai 11 -13 Maret 2020 di Hotel Java Palace, Cikarang Utara.

Uju mengatakan, Peraturan Mendagri No 90 Tahun 2019 ini merupakan pedoman bagi pemerintah daerah dalam menyediakan dan menyajikan informasi secara berjenjang dan mandiri berupa pengelompokan, pemberian kode dan daftar penamaan menuju single codebase.

Ia menambahkan Single Codebase ini nantinya akan digunakan dalam penyusunan perencanaan, penganggaran, pelaksanaan dan pertanggungjawaban serta laporan kinerja keuangan.

“Klasifikasi, kodefikasi dan nomenklatur perencanaan pembangunan dan keuangan daerah sebagaimana diatur dalam peraturan Mendagri No 90 Tahun 2019 merupakan perwujudan pelaksanaan urusan pemerintahan daerah yang disentralisasikan sehingga pemanfaatannya akan sangat mendukung penyelenggaraan,” ucap Uju saat membuka acara.

Selain itu, proses penyelenggaraan didalam aturan  terdiri dari perencanaan pembangunan daerah, perencanaan anggaran daerah, pelaksanaan dan penatausahaan keuangan daerah, akuntansi dan pelaporan keuangan daerah, pertanggung jawaban keuangan daerah, pengawasan keuangan daerah dan analisis informasi pemerintahan daerah lainnya.

“Dengan adanya standarisasi penamaan, pemberian kode, pengelompokan informasi menuju single codebase, maka akan menjadikan tata kelola pemerintah daerah yang semakin transparan, akuntabel, responsif serta reliable sesuai dengan prinsip-prinsip good governance,” ungkapnya.

Ia menegaskan agar jajaran perangkat daerah dapat mampu mengimplementasikan Peraturan Kemendagri 90 Tahun 2019 ini dengan berlandaskan pada komitmen yang kuat dan kolaborasi yang inovatif dengan berbagai pihak.

“Agar tercipta suatu kondisi yang mampu mengakselerasi satu kesepahaman terkait dengan peraturan Kemendagri No 90 Tahun 2019 yang harus diimplementasikan di Pemerintah Daerah, maka Kabupaten Bekasi harus dilandaskan oleh komitmen yang kuat dan kolaborasi yang inovatif diantara berbagai pihak,” tutup Uju.

Kegiatan Bimbingan Teknis  Sinkronisasi Perencanaan Pembangunan Daerah menghadirkan Pembicara yang berasal dari Direktorat Jenderal Bina Pembangunan Daerah Kemendagri dan Direktorat Jendral Bina Keuangan Daerah Kemendagri. (Ewwy/Abray/Alfiyan)

9 Views

AsepKabarHaBe

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Kasus DBD di Kabupaten Bekasi Menurun

Rab Mar 11 , 2020
KabarHaBe.com – Sebagai upaya Pemerintah Kabupaten Bekasi dalam menjalin satu kesepahaman terkait peraturan Kemendagri No 90 Tahun 2019 yang harus diimplementasikan di wilayah Kabupaten Bekasi, menggelar Bimbingan Teknis yang diikuti peserta dari pejabat daerah di lingkungan Pemda Kabupaten Bekasi. Kegiatan yang dibuka secara langsung Sekretaris Daerah Kabupaten Bekasi Uju, akan […]