Pemilihan Cawabup Bekasi Terancam Gagal

Ilustrasi

KabarHaBe.com – Pemilihan Calon Wakil Bupati Bekasi sisa masa jabatan 2017-2022, yang akan dipilih langsung Anggota DPRD Kabupaten Bekasi 18 Maret mendatang, terancam gagal. Pasalnya, surat dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat belum menyetujui pemilihan.

Kepala Bagian Tata Pemerintahan Provinsi Jawa Barat, Dedi Mulyadi mengatakan, surat tertanggal 10 Maret 2020 itu diterima pihaknya Rabu 11 Maret 2020.

“Kami sedang bahas poin-poin yang disampaikan ketua DPRD terkait dengan pengisian wakil bupati Bekasi. Pak Gubernur sudah tahu mengenai surat tersebut,” katanya saat dihubungi wartawan.

Dirinya menjelaskan, Pilwabup harus mengacu pada Undang-Undang Nomor 10 tahun 2016 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati dan Wali Kota. Selain itu, juga harus mengacu pada Peraturan Pemerintah (PP) yang mengatur tentang Pemilihan Kepala Daerah termasuk Tata Tertib (Tatib) DPRD Kabupaten Bekasi.

Menurutnya, tiga regulasi tersebut harus menjadi acuan dapat dilaksanakan atau tidaknya pelaksanaan Pilwabup.

“Tiga aturan itu yang kita pakai,” ucapnya.

Dirinya juga menuturkan, ketiga acuan tersebut harus sinkron. Misalkan, di dalam tatib DPRD ada kebijakan yang di luar PP dan undang-undang maka Pilwabup batal demi hukum.

“Yang pasti tiga itu harus berjalan semua. Sinkron. Kemudian tatib itu pelaksanaan teknis yang harus mengacu kepada Peraturan Pemerintah (PP) dan undang-undang yang berlaku. Kalau tidak sesuai batal demi hukum,” ungkapnya.

Pihaknya masih mempelajari surat yang disampaikan DPRD Kabupaten Bekasi untuk memastikan Pilwabup berjalan sesuai aturan.

“Kita pelajari satu persatu poin-poin yang disampaikan. Pokoknya acuan kita tadi undang-undang, PP, dan tatib DPRD,” ujarnya.

Sementara itu, salah satu Anggota DPRD Kabupaten Bekasi dari Fraksi Gerindra, Danto tidak menampik akan adanya kegagalan proses pemilihan Calon Wakil Bupati Bekasi. Apalagi, waktu yang semakin dekat, dirinya menegaskan sangat menguras pikiran.

“Puyeng. Puyeng. Puyeng (soal pemilihan wakil bupati, red),” ucapnya dalam pesan singkat via WhatsApp.(Ewwy)

38 Views

AsepKabarHaBe

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Deklarasi Anti Tauran, Kapolres Metro Bekasi Kumpulkan Kepsek dan Pelajar

Ming Mar 15 , 2020
KabarHaBe.com – Pemilihan Calon Wakil Bupati Bekasi sisa masa jabatan 2017-2022, yang akan dipilih langsung Anggota DPRD Kabupaten Bekasi 18 Maret mendatang, terancam gagal. Pasalnya, surat dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat belum menyetujui pemilihan. Kepala Bagian Tata Pemerintahan Provinsi Jawa Barat, Dedi Mulyadi mengatakan, surat tertanggal 10 Maret 2020 itu […]