Ming. Okt 20th, 2019

Panwascam Kedungwaringin Langgar Peraturan PKPU

KabarHaBe.com – Panitian Pengawas Pemilu Kecamatan Kedungwaringin (Panwascam) melanggar peraturan undang-undang Bawaslu. Pasalnya saat kegiatan deklarasi dukungan pada salah satu pasangan calon presiden di Kampung Cebong, Desa Mekar Jaya, Kecamatan Kedungwaringin, Minggu (31/03/2019).

Panwascam Kedungwaringin tidak melakukan tindakan tegas sesuai tugas dalam pengawasan. Di sela-sela deklarasi jelas melanggar peraturan dengan memberikan Door Prize yang dilarang dalam Peraturan KPU No 4 tahun 2017.

“Ini sudah jelas melanggar peraturan dengan memberikan Door Prize berupa Kompor Gas, Rice Cooker, Kipas Angin, Jam Dinding dan lain-lainnya dengan jumlah nominal lebih dari Rp 1 juta,” ucap salah satu wartawan media online, Coker.

Dia menambah, ketika meminta tanggapan terkait pelanggaran deklarasi itu pada Panwascam Kedungwaringin yang bertugas di lapangan. Pihaknya mengakui tidak boleh memberikan Door Prize namun tidak ada tindakan tegas dari pihak Panwascam.

“Banyak pelanggaran-pelanggaran yang dilakukan pada saat deklarasi tersebut bukan hanya memberikan Door Prize namun anak di bawah umur pun diajak deklarasi. Bukan hanya itu Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) dijadikan bagian dari kegiatan deklarasi tersebut,” katanya.

Dirinya meminta Bawaslu Kabupaten Bekasi bersikap tegas dalam menyikapi pesoalan ini. Ia berharap Bawaslu mencopot jabatannya sekaligus memberi sangsi pada Panwascam Kedungwaringin.

Lebih lanjut dia mengatakan, bahwa akan melaporkan hal tersebut ke Bawaslu RI.

“Saya harap Bawaslu Kabupaten Bekasi bersikap tegas terkait pelanggaran dan kelalaian kinerja Panwascam Kedungwaringin,” tandasnya. (mf/hsr)

182 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *