Ming. Okt 20th, 2019

Melody: Oknum ASN Jangan Arogan Terhadap Wartawan

KabarHaBe.com – Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Bekasi, Melody Sinaga, mengecam perilaku oknum Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemerintah Kota Bekasi yang kurang baik terhadap awak media yang tengah melakukan kerja jurnalistiknya.

Hal itu, dikatakan Melody, menanggapi kejadian yang menimpa reporter Koran Bekasi, Bona Marpaung.

Kepada KabarHaBe.com, Melody mengatakan, ZH tidak perlu melakukan penahanan di bawah tekanan, karena ingin mengetahui siapa sumber yang menuduhnya melakukan dugaan asusila yang melaporkannya ke kepolisian. Sebab, hal itu bertentangan dengan UU Pers No 40 Tahun 1999 pada Pasal 4 ayat (4) hak tolak, termasuk tidak memberikan sumber sesuai dengan Kode Etik Jurnalis.

“Kalau saya baca, persoalan itukan sudah dilaporkan ke Polres Metro Bekasi Kota pada 21 Juni 2019. Artinya, kalau ingin tahu siapa sumbernya, kenapa tidak dia cek sendiri ke Polisi, tidak harus memaksa wartawan yang ingin mengetahui kebenaran informasi yang dia peroleh itu,” jelasnya, Selasa (25/6/2019).

Menurut Melody, sangat tidak pantas seorang ASN berperilaku tidak baik atau arogan kepada awak media, karena ASN sendiri sudah terbiasa diikat dengan aturan dan kedisiplinan. Dia harus tahu bagaimana cara bersikap yang baik, terutama ketika berhadapan dengan awak media yang ingin mengkonfirmasinya.

“Informasinya ZH itu, menjabat sebagai Kepala Bidang yang bertugas di lingkungan Pemkot Bekasi. Pastinya, dia sudah tidak asing lagi dengan keberadaan awak media. Dan dia juga tahu cara menghadapi awak media, cukup no comen juga bisa kan nggak perlu dia memberikan waktu buntutnya menahan atau mengancam media,” kata Melody.

Melody pun mengaku, sampai saat ini belum ada laporan atau pemberitahuan secara resmi dari perusahaan medianya kepada PWI Bekasi. Untuk itu, pihaknya menyerahkan sepenuhnya dulu kepada perusahaan media di mana tempatnya bekerja.

“Prinsipnya, PWI Bekasi siap memberikan pendampingan karena hal ini tidak pantas dilakukan seorang ASN yang diikat dengan aturan dan kedisiplinan sebagai pegawai pemerintah. Kabarnya, laporan itu terkait asusila,” pungkas Melody. (mf/hsr)

88 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *