Rab. Okt 23rd, 2019

Lurah Jakasampurna Bangun Septictank dan Wastafel di Lingkungan Warga

KabarHaBe.com – Guna meningkatkan kesehatan warga khususnya di bidang ketersediaan sarana septictank dan wastafel, Kelurahan Jakasampurna Kecamatan Bekasi Barat Kota Bekasi meresmikan pembangunan 20 septictank dan 20 wastafel di lingkungan Jakasampurna.

Lurah Jakasampurna Nurdin menjelaskan pembangunan 20 septictank dan 20 wastafel di lingkungan warganya merupakan bantuan dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat untuk meningkatkan taraf hidup warga khususnya di bidang sarana kesehatan.

“Program ini merupakan salah satu program dari Kemendagri yang disalurkan melalui Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan warga di wilayah kami mendapatkan
bantuan pembuatan 20 septi tank dan 20 wastafel,” tuturnya, Senin (23/9/2019).

Nurdin menjelaskan pembangunan septictank dan wastafel di Rw 11, Rt 4, 6 dan 11 tersebut diharapkan bisa memenuhi standar kelayakan kesehatan dalam rumah sehingga mereka bisa memiliki sarana sanitasi yang memadai.

“Yang mendapatkan bantuan tersebut merupakan skala prioritas,” katanya.

Sementara Kasi Permasbang Kelurahan Jakasampurna, Dian Anggraini, menuturkan setiap warga akan dibangun satu septictank dan satu wastafel di rumahnya, hal ini diharapkan mampu menjadi sebuah upaya untuk membiasakan warga pola hidup sehat dan bersih di lingkungan tempat tinggalnya.

“Selama ini warga tidak memiliki septictank di rumahnya, jadi langsung dibuang ke kali yang dekat dengan tempat tinggalnya, mudah-mudahan hal ini bisa meningkatkan pola hidup sehat dan bersih bagi mereka,” jelasnya.

Dian lebih lanjut menjelaskan berdasarkan data yang dimiliki pihaknya, sekitar 200 kepala keluarga yang belum memiliki sarana septictank di rumahnya, sehingga bantuan yang diberikan merupakan usulan dari RT dan RW setempat yang akhirnya dijadikan skala prioritas di Kelurahan Jakasampurna.

“Yang mendapatkan bantuan ini sebelumnya diusulkan RT dan RW setempat kemudian disurvei pihak terkait yang perlu diingat mereka dijadikan skala prioritas untuk mendapatkan bantuannya,” imbuhnya.

Dia mengharapkan untuk proses pengerjaannya, pihaknya menargetkan dapat dirampungkan pada Desember 2019.

“Target kami bisa selesai dikerjakan hingga Desember 2019, sehingga bisa dipergunakan sebaik mungkin,” pungkasnya.(ewd)

36 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *