Ming. Okt 20th, 2019

LSM Kompi Minta DPRD Transparan Terkait Pemilihan Wabup

Ketua LSM Kompi, Ergat Bustomy mengingatkan DPRD Kabupaten Bekasi transparan dalam melaksanakan tahapan mekanisme pemilihan Wakil Bupati sisa masa jabatan 2017-2022.

Ergat menilai sampai saat ini DPRD Kabupaten Bekasi terkesan tertutup dalam menjalankan tata tertib DPRD Kabupaten Bekasi guna melaksanakan paripurna memilih Wakil Bupati sisa masa jabatan 2017-2022.

Menurutnya DPRD Kabupaten Bekasi harus transparan sebagaimana diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 12 Tahun 2018 tentang Pedoman Penyusunan Tata Tertib Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi, Kabupaten, dan Kota.

Menurutnya pasal 137 PP No 12 Tahun 2018 tentang Pedoman Penyusunan Tata Tertib Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi, kabupaten dan kota mengatur:
a. tugas dan wewenang panitia pemilihan;
b. tata cara pemilihan dan perlengkapan pemilihan;
c. persyaratan calon dan penyampaikan kelengkapan dokumen persyaratan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan;
d. jadwal dan tahapan pemilihan; e. hak anggota DPRD dalam pemilihan;
f. penyampaian visi dan misi para calon Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah dalam rapat paripurna;
g. jumlah, tata cara pengusulan, dan tata tertib saksi;
h. penetapan calon terpilih;
i. pemilihan suara ulang; dan
j. larangan dan sanksi bagi calon Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah atau calon Wakil Kepala Daerah yang mengundurkan diri sejak ditetapkan sebagai pasangan calon atau calon.

Peraturan pemerintah tersebut katanya sudah mengatur secara jelas terkait tugas dan kewenangan DPRD Kabupaten Bekasi dalam melaksanakan tahapan demi tahapan mekanisme dalam Pemilihan dimaksud.

Untuk itu pihaknya meminta kepada Perangkat Kerja (Panitia Pemilihan) DPRD Kabupaten Bekasi yang sudah ditetapkan dapat bekerjasama secara aktif dengan seluruh komponen masyarakat Kabupaten Bekasi khususnya dalam menjalankan tahapan demi tahapan mekanisme dalam melaksanakan Paripurna DPRD Kabupaten Bekasi, agar pelaksanan dalam Pemilihan dimaksud dapat berjalan sesuai dengan aturan yang berlaku. (ewy)

72 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *