Sab. Okt 19th, 2019

Kapasitas Jalan Tak Sebanding Volume Kendaraan Jadi Penyebab Macet Bekasi

KabarHaBe.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi mencatat kapasitas jalan di Kota Bekasi tidak sebanding dengan jumlah kendaraan yang lalu lalang. Sehingga, kondisi itu menjadi salah satu penyebab terjadinya kepadatan lalu lintas kendaraan di kota berjuluk Kota Patriot tersebut.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Bekasi, Yayan Yuliana mengatakan, jumlah kendaraan di Kota Bekasi mencapai 1,5 juta dengan rincian 1,2 juta kendaraan roda dua, sedangkan roda empat 300.000.”Kapasitas jalan tidak sebanding dengan jumlah kendaraan, itu pemicu macet Bekasi,” kata Yayan pada wartawan Jumat (8/3/2019).

Berdasarkan data dari Satuan Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) Kota Bekasi jumlah kendaraan bermotor lebih besar yaitu mencapai 1.613.317 dengan perbandingan 75% roda dua, dan 25% roda empat. Dengan ratio jumlah kendaraan sebanyak itu, dibutuhkan jalan arteri sebagai jalur utama sepanjang 3.300 Km.

“Hitungannya, besaran kendaraan dikalikan dengan jumlah kendaraan. Adapun jalan arteri baru ada 1.500 kilometer,” ujarnya. Belum lagi, kata dia, ditambah dengan kendaran yang masuk atau melintas di Kota Bekasi. Hal itu berdampak dengan pola perjalanan ke DKI Jakarta menjadi sangat tinggi.

Yayan mencontohkan, sejumlah jalan di Bekasi, mulai padat mulai pukul 05.00 WIB atau selepas salat subuh. Bahkan, jalan dari wilayah Bekasi Utara menggunakan Jalan Perjuangan-Summarecon-Jalan Ahmad Yani-Gerbang Tol Bekasi Barat menuju Jakarta.

Selain itu, ada jalan baru underpass akses warga dari Bekasi Timur dan Tambun Utara menuju ke Tol Bekasi Timur dan Tol Bekasi Barat. Ada juga kepadatan dari Jalan Pahlawan-Jalan Joyomartono menuju Tol Bekasi Timur.”Ini laju kendaraan roda empat,” ungkapnya.

Sumber Berita : “SINDO News” https://www.sindonews.com

92 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *