Kadinsos Pastikan Bantuan Sesuai Usulan Desa

KabarHaBe.com – Dinas Sosial Kabupaten Bekasi memastikan bantuan yang sudah didistribusikan tepat sasaran, karena penerima bantuan sesuai usulan dari desa, kata Abdillah Kepala Dinas Sosial saat ditemui, Senin (4/05/20) di ruang kerjanya.

Pembagian bantuan sosial bagi masyarakat terdampak Virus Corona atau covid 19 yang jumlahnya mencapai 152 ribu paket, untuk tahap pertama dari April hingga Mei 2020, masih terus berlangsung.

Namun cuitan miring tentang bantuan yang dianggap tidak tepat sasaran ikut meramaikan media online dan media cetak maupun grup WhatsApp.

Bahkan ada RT yang mengeluh, untuk apa mendata, kalau ternyata warganya yang sudah terdata tidak mendapatkan bantuan yang seharusnya menjadi haknya.

Ditambah lagi masih banyak warga mengeluh karena belum juga mendapatkan bantuan. Sementara tetangganya yang hidup kecukupan justru sudah terima bantuan dari pemda.

Dinas Sosial Kabupaten Bekasi saat ini mengklaim untuk pendistribusian sudah 17 kecamatan dari 23 kecamatan yang ada di Kabupaten Bekasi, seperti Kecamatan Bojongmangu, Kecamatan Cibarusah. Kecamatanan Cibitung. Kecamatan Cikarang Barat.

Kecamatan Cikarang Pusat, Kecamatan Cikarang Selatan, Kecamatan Cikarang Timur, Kecamatan Cikarang Utara, Kecamatan Karang Bahagia, Kecamatan Kedungwaringin, Kecamatan Muaragembong, Kecamatan Serang Baru, Kecamatan Sukatani, Kecamatan Setu dan Kecamatan Tambun Selatan, Kecamatan Babekan dan Kecamatan Tarumajaya.

Menurut Abdilah bantuan yang sudah disalurkan dari 17 Kecamatan hampir 70 ribuan paket sembako yang sudah diterima masyarakat. Paket sembako yang diberikan Pemkab Bekasi berupa Beras 5 kg, Kecap 2 botol, Minyak 1 litter, Gula 1 Kg, Mie Instan 20 pcs, Sarden 3 kaleng, dengan total seharga Rp 197.500 per paket.

Syarat penerima bantuan senilai Rp 197.500 per paket tersebut, adalah mereka yang tidak memiliki pemasukan tetap dan terpaksa kehilangan pendapatan atas kebijakan yang dikeluarkan pemerintah dalam menangani covid-19. Semisal, pedagang kaki lima yang tempat berjualan di tempat keramaian, pedagang makanan dan minuman yang biasa mangkal di sekolahan, kuli bangunan, serta pekerja lain yang kehilangan mata pencarian akibat covid-19 ini.

Kata Abdillah terkait lambatnya pendistribusian itu diakibatkan ketersediaan bahan sembakonya yang sering tidak komplit pengirimannya. Sehingga pada saat pengepakan harus nunggu bahan sembako yang belum ada. Ia berharap bantuan yang diberikan Pemkab Bekasi tepat sasaran dan warga harap bersabar.

Sementara di lain pihak Ryan Tim kordinator dari Bank BNI saat melakukan pendistribusin Kartu Keluarga Sejahtera program sembako covid-19 bantuan yang diberikan se-Kabupaten Bekasi sebanyak 46 ribu paket, masing- masing desa hanya mendapatkan 20 KK.

Kata Ryan bantuan ini diberikan langsung dari Kementerian Sosial melalui Dinas Sosial yang dikerjasamakan dengan pihak Bulog. Paket bantuan sembako KKS ini berupa beras, hewani, nabati dan buah-buahan seharga Rp 200 ribu per paket. Bantuan ini diberikan kepada warga fakir miskin hampir sama dengan program bantuan BPNT dan PKH. (ewwy)

135 Views

AsepKabarHaBe

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

DPRD Bentuk Pansus LKPJ Bupati 2019

Sel Mei 5 , 2020
KabarHaBe.com – Dinas Sosial Kabupaten Bekasi memastikan bantuan yang sudah didistribusikan tepat sasaran, karena penerima bantuan sesuai usulan dari desa, kata Abdillah Kepala Dinas Sosial saat ditemui, Senin (4/05/20) di ruang kerjanya. Pembagian bantuan sosial bagi masyarakat terdampak Virus Corona atau covid 19 yang jumlahnya mencapai 152 ribu paket, untuk […]