Sen. Okt 21st, 2019

Damkar Kabupaten Bekasi Gelar Sosialisasi Pencegahan Kebakaran Di Lingkungan Sekolah

KabarHaBe.com – Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, menggelar sosialisasi dan pelatihan, pencegahan bahaya kebakaran kepada Pelajar Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA) dan Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN), Kamis (25/7/2019).

Kegiatan sosialisasi dan pelatihan, pencegahan bahaya kebakaran tersebut dilakukan di dalam ruang kelas dan halaman SMKN 1 Cikarang Utara, Kabupten Bekasi, Jawa Barat. Kegiatan ini, rutin dilakukan Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Bekasi baik di instansi Pemerintah, sekolah dan perusahaan swasta.

Kepada KabarHaBe.com, Kepala Seksi Penyuluhan Pemadam Kebakaran, Endang Suhendi mengatakan, dengan adanya kegiatan sosialisasi ini, para siswa dan siswi tahu cara ketika terjadi kebakaran sekaligus mengetahui tentang tugas Dinas Pemadam Kebakaran yang rutin dilakukan.

“Karena tidak semua orang tahu tentang tugas pemadam kebakaran apa aja. Kan masyarakat tahunya pemadam kebakaran itu hanya tukang semprot air,” kata Endang didampingi Kepala Bidang (Kabid) Penyuluhan dan Pencegahan Damkar Kabupaten Bekasi, H Asep Buchori.

Selain itu sambung Endang, juga menjelaskan peralatan yang bisa digunakan untuk memadamkan api serta kita juga memberikan pelatihan kepada para siswa cara memadamkan api.

“Kita berharap dengan sosialisasi dan pelatihan penanggulangan kebakaran ini dapat menekan angka kebakaram di wilayah Kabupaten Bekasi, karena sudah tahu cara memadamkan si jago merah,” jelasnya.

Minimal lanjut Endang, ketika ada kebakaran masyarakat sudah melakukan pemadaman awal sebelum Dinas Pemadam Kebakaran datang ke lokasi.

“Kami juga optimis dengan adanya sosialisasi ini bisa menekan angka kebakaran dan kerugian saat terjadi kebakaran,” tandasnya.

Sementara itu, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan, Anggum Gumilar mengucapkan terimakasih kepada Bupati Bekasi, H Eka Supria Atmaja dan Plt Kepala Dinas Pemadam Kebakaran, H Farid Setiawan kegiatan sosialisasi menambah wawasan siswa-siswi tentang penanggulangan kebakaran sejak dini.

“Alhamdulillah selain para siswa belajar materi di dalam kelas, para siswa juga bisa menambah wawasan di luar kelas. Dalam kegiatan diikuti sebanyak 40 siswa yang tampak sangat antusias mengikuti sosialisasi dan pelatihan memadamkan api,” pungkasya.(mf/hsr)

66 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *