300 Sertifikat Program PTSL Diserahkan ke Warga Kertajaya

KabarHaBe.com – Melalui program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Bekasi menyerahkan 300 sertifikat kepada warga Desa Kertajaya, Kecamatan Pebayuran, Selasa (10/12/2019) di kediaman Ketua BPD Kertajaya.

Koordinator Yuridis BPN Kabupaten Bekasi Asep Supratman mengatakan, untuk program PTSL kali ini sekitar 300 bidang tanah yang sertifikatnya diserahkan kepada warga di tiga dusun, Desa Kertajaya, Kecamatan Pebayuran.

“Yang sekarang ini dibagikan 300 bidang dari tanah darat dan tanah sawah untuk tiga dusun di Desa Kertajaya, Kecamatam Pebayuran. Untuk sementara yang sudah dibagikan mencapai 65 persen rata-rata dari tanah darat,” kata dia, saat diwawancarai, di sela-sela penyerahan sertifikat.

Asep mengaku, Ini kesempatan yang sangat bagus untuk masyarakat karena dengan program PTSL biaya yang harus dikeluarkan sangat kecil dan tidak memberatkan warga. Antusias masyarakat Desa Kertajaya juga sangat tinggi dari mulai sosialisasi hingga pendaftaran terlihat guyub dalam menerima PTSL.

“Alhamdulillah antusias masyarakat di sini bagus dan pemberkasannya juga sangat bagus. Untuk persyaratan sendiri sangat mudah mulai dari kuitansi, akte dan sebagainya itu kita jadikan dasar karena diperkuatnya dengan surat kesaksian untuk pembuatan sertifikat tanah darat maupun tanah sawah,” kata dia.

Desa Kertajaya salah satu desa di Kecamatan Pebayuran yang menerima PTSL 2019 dengan memperoleh jatah Kuota dari BPN sebanyak 2.425 pendaftar dan yang sudah tersertifikasi hampir 65 persen.

“Untuk Desa Kertajaya ini semuanya ada 2.425 bidang, yang sudah dibagikan 65 persen dan mudah-mudah akhir tahun ini sudah selsai semuanya,” jelas dia.

Ade Hermawan (52) salah satu Warga Kampung Teko RT 02/04, Desa Kertajaya mengaku sangat terbantu dengan adanya program PTSL.

“Terbantu banget karena gratis, prosesnya mudah dan tidak lama,” ujar dia.

Adanya program PTST, Ade mengetahui dari sosialisasi yang sudah dilakukan BPN dan Desa Kertajaya.

“Saya tahu dari sosialisasi yang dulu di desa,” kata Ade.

Di tempat sama Kepala Desa Kertajaya Saepudin mengucapakan terimakasih dan memberikan apresiasi kepada BPN Kabupaten Bekasi, juga kepada Koordinator Yuridis Asep Supratman yang telah banyak membantu warga Desa Kertajaya.

“Dari sejak dimulainya program PTSL sampai hari ini kami terus lakukan sosialisasi kepada warga, baik soal kelengkapan administrasi saat pengajuan maupun pas penyerahan sertifikatnya,” jelas dia.

Acep berharap dengan program PTSL yang sudah dirasakan warganya bisa berdampak positif.

“Dengan adanya sertifikat tanah ini tentu saja sangat besar fungsinya sebagai dasar atas kepemilikian tanah yang sah,” terang Acep.

Acep mengatakan jika tanah merupakan salah satu aset yang harus dikelola dengan baik untuk menghindari potensi sengketa.

“Program PTSL ini berperan mengurangi potensi terjadinya sengketa atas tanah yang terjadi, maka dari itu harus benar-benar dijaga,” tandasnya. (Mg/Hsr)

174 Views

AsepKabarHaBe

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

DPRD Kabupaten Bekasi Tetapkan Raperda Pengelolaan Barang Milik Daerah

Sel Des 10 , 2019
KabarHaBe.com – Melalui program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Bekasi menyerahkan 300 sertifikat kepada warga […]

Get 30% off your first purchase

Got it!
X